Membuat Web Hotel Menggunakan Blogspot

Sore hari tanggal 17 Juli 2014 pukul 17:00 WIB di kota Bandung tepatnya didepan laptop sambil menunggu berbuka puasa saya mendapat order membuat website hotel, nah yang berbeda dengan order-order sebelumnya adalah website tersebut dibuat menggunakan platform blogspot. Sempat tidak terbayang juga jadinya nanti seperti apa, seperti yang kita ketahui kalau blogspot mungkin tidak cocok untuk dijadikan website company profile tapi mungkin ada beberapa perusahaan yang menggunakan blogspot sebagai web resminya.

Website hotel biasanya dibangun menggunakan php dan mysql contohnya sistem informasi reservasi hotel berbasis web atau kita bisa memanfaatkan cms-cms gratis yang tersedia di internet, semisal wordpress, joomla, drupal dan cms lainnya. Langkah membuat web hotel menggunakan platform blogspot dilakukan karena waktu yang sudah begitu mepet. Idealnya dalam membuat sebuah web bisa menghabiskan beberapa jam atau beberapa hari bahkan bulan jika website tersebut memang benar-benar kompleks.

Tanpa pikir panjang saya mulai start membuat web hotel ini sekitar jam 17:30 WIB dan selesai pukul 18:45 WIB, target web ini harus selesai besok pagi sebelum mahasiswi yang bersangkutan melakukan sidang tugas akhir. Kesulitan yang dihadapi adalah saat akan mencari template web hotel ini, cukup sulit karena jarang sekali yang membuat dan membagikan template hotel untuk di gunakan di blogspot.

Sambil terus mencari saya menemukan sebuah template blogspot yang menurut saya cukup bagus untuk di pakai di web hotel ini, tapi sayangnya pada saat akan di download eh ternyata template tersebut berbayar ya terpaksa deh nyari lagi. Sampai pada akhirnya saya menemukan sebuah template tahun 2011 dengan tampilan yang simpel tapi lumayan bagus dan intinya template tersebut gratis. Tidak berlama lama lagi langsung download dan upload saja template tersebut. Oprek sana oprek sini, akhirnya web tersebut jadi juga, kabar baiknya untuk saya adalah web hotel yang dibuat dalam hitungan jam tersebut mampu membuat mahasiswa yang memesan tadi gembira, semoga saja saat sidang TA nya lancar ya.. Untuk jurusan kuliahnya pariwisata loh, kalau biasanya yang nyasar ke contoh-ta.com itu jurusan informatika :D

Fitur yang ada di web hotel blogspot ini standart bawaan blogspot tapi untuk reservasi yang berbentuk form saya menggunakan fitur gratis dari 123contactform yang sama dengan yang saya pakai di contoh-ta.com cuma berbeda fungsi saja. Berikut tampilan web hotelnya yang simpel dan sederhana.


 
Untuk mengakses langsung web hotel dengan blogspot tersebut melalui link berikut : hotelgegerkalongasri.blogspot.com

Itulah sedikit kisah saya membuat web hotel menggunakan blogspot, salam contoh-ta.com

0 Response to "Membuat Web Hotel Menggunakan Blogspot"

Post a Comment