Tutorial Cara Install Xampp Di Windows 7 dan XP

Tutorial Cara Install Xampp Di Windows 7 dan XP. Tutorial ini saya buat khusus untuk teman-teman yang saat ini sedang giat belajar pemograman php dan mysql, tetapi bagi teman-teman yang sudah mengetahui cara menginstall xampp mungkin tidak terlalu penting tapi tidak ada salahnya juga untuk membaca kembali tutorial ini.

Xampp selain untuk sistem operasi windows, juga tersedia untuk jenis sistem lainnya seperti xampp for Linux dan xampp for Apple. Namun yang akan di bahas kali ini hanya Tutorial Cara Install Xampp Di Windows, mungkin lain kali akan kami buatkan tutorialnya.

Sebagai informasi saja sampai saat ini team Contoh-TA tetap setia menggunakan xampp sebagai salah satu media penunjang kebutuhan untuk membuat sebuah aplikasi php, selain cara penggunaannya yang mudah dan didukung dengan interface yang menarik serta tidak ketinggalan update sistem xampp yang terus dilakukan oleh pembuatnya lihat saja dalam beberapa bulan terakhir update xampp saat ini sudah berada di versi 1.8.2.

Oia sebelum menggunakan xampp sebenarnya saat belajar semasa sekolah dulu, kami lebih dahulu mengenal WAMP namun karena arahan beberapa teman kami yang lain untuk mencoba xampp dan setelah mencobanya terasa banyak perbedaan diantaranya kemudahan saat menggunakannya atau istilahnya user friendly yang pada akhirnya membuat kami betah dan jatuh cinta, halah hahaha.

Bagi anda yang belum mempunyai installer xampp, anda dapat mendownloadnya pada link berikut. Jika sudah di download silahkan ikuti step by step cara instal xampp di windows.

1. Double klik pada program xampp. Maka akan muncul jendela informasi seperti gambar dibawah ini.
2. Pada jendela tersebut silahkan pilih bahasa yang dikehendaki misal kita ambil bahasa inggris (English)
3. Sebaiknya saat menginstall program xampp, diharapkan untuk menutup terlebih dahulu program/aplikasi yang berjalan hal ini dilakukan supaya proses instalasi dapat berjalan dengan lancar.

Untuk kasus berikut karena program xampp di install di windows 7 akan muncul peringatan sistem UAC.
Jika muncul silahkan tekan tombol OK. Jika muncul lagi pesan seperti gambar berikut.

Silahkan tekan tombol yes.

4. Jika sudah silahkan tekan tombol Next.


5. Pada tahap ini anda diminta untuk memilih aplikasi apa saja yang akan di install silahkan pilih semua.

Biasanya setelah ini ada informasi sebagai berikut "Install Apache as Service atau Install MySql as Service" silahkan centang keduanya. (Ini untuk langsung menjalankan Apache dan Mysql secara langsung jika instalasi sudah selesai) Tetapi jika terlewat tidak apa-apa, nanti kita tetap bisa mengaturnya pada Xampp Control Panel.

6. Selanjutnya pilih lokasi tempat menginstall xampp, biasanya kami install xampp tersebut di Drive C: jika tidak anda dapat meimdahkannya ke drive lain. Klik Install.


7. Tunggu beberapa saat saat hingga proses instalasi selesai, sehingga akan muncul tampilan berikut. tekan tombol Finsih.


8. Biasanya akan muncul jendela dialog yang menginformasikan, apakah anda akan langsung menjalankan program xampp atau tidak. Pilih saja YES


Sampai proses ini anda selesai menginstal xampp, selanjutnya ikuti tutorial Cara Menjalankan Xampp Di Windows 7 Dan XP




0 Response to "Tutorial Cara Install Xampp Di Windows 7 dan XP"

Post a Comment