Cara mudah mempercepat loading blog wordpress

Pernahkan anda mengunjungi sebuah website dengan loading yang cukup berat ? Dan parahnya lagi, kita sangat membutuhkan informasi yang tersedia di website itu. Karena saking kesalnya akhirnya kita meninggalkan website tersebut dan mencari di website yang lainnya.

Hal ini memang sering terjadi dan tidak dipungkiri suatu kerugian bagi pemilik website tersebut karena pengunjung atau visitor yang menuju website nya dipastikan menekan tombol keluar. Akibat lain nya adalah kemungkinan pengunjung tersebut tidak akan pernah mampir kembali karena mempunyai kesan yang kurang menyenangkan.

Lalu apa yang harus dilakukan pemilik website supaya loading website nya bertambah cepat ?
Dalam kasus ini website yang dibangun menggunakan CMS wordpress.

Pernah pakai W3 Total Cache ?
W3 Total Cache dapat meningkatkan loading speed blog kita dengan membuat cache (jejak) pada hampir semua aspek dari blog kita, mulai dari gambar, CSS, script, dan sebagainya.
Membuat caches dari halaman postingan blog kita di browser pengunjung sehingga dapat mengurangi loading halaman ketika pengunjung itu membuka kembali blog kita.

Lalu WP Smush.it ?
Plugin ini berfungsi untuk mengecilkan ukuran gambar dalam website kita. Selain akan membantu untuk mempercepat loading website kita, plugin ini juga membantu mengurangi beban source hosting.

Efeknya bagai mana ? apakah terasa loading website sedikit lebih cepat ? Dalam hal ini kami pernah mencoba beberapa plugin tersebut untuk di terapkan pada client kami yang menginginkan loading websitenya super cepat. Tapi sayang hasilnya kurang memuaskan, itu menurut kami dan mungkin bagi yang lainnya belum tentu.

Berikut score website sebelum diperbaiki, oia kami menggunakan GTmetrix.com sebagai tools untuk melihat kualitas loading website.


Page Load Time        : 5.26s (Waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman)
Total Page Size         : 2.90MB (File website yang akan di tampilkan)
Page speed              : F (28%) (Kecepatan halaman)
YSlow Grade            : D (69%)

Cara mudah mempercepat loading blog wordpress hanya dengan menggunakan sebuah plugin, lihat peningkatan loading website cukup signifikan bukan dan hasilnya pun cukup memuaskan. Plugin tersebut adalah WP Fastest Cache


Page Load Time        : 3.57s (Waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman)
Total Page Size         : 786KB (Reduksi halaman yang berhasil di turunkan dari 2.90MB (Mega Byte) menjadi 786KB (Kilo Byte) )
Page speed              : A (92%) (Kecepatan halaman meningkat 68%)
YSlow Grade            : C (77%)

Cara menggunakannya cukup mudah, lihat video berikut :

Selamat mencoba.

0 Response to "Cara mudah mempercepat loading blog wordpress"

Post a Comment